Iranian Graphic Design


Pertama yang terlintas ketika melihat sebuah karya poster oleh desainer Iran Mehdi Saeedi ini. Disamping kekaguman akan nilai artistik dari sebuah poster yang mempunyai energi tersendiri, ternyata dalam suatu keterbatasan dalam menciptakan citra sebuah komunikasi visual, akan menimbulkan sebuah sebuah nilai penyegaran dalam menciptakan sebuah ojek visual yang menarik dan artistik.
Keterbatasan yang dimaksud adalah bahwa sebagai negara Islam yang memberlakukan syariat dan hukum islam, kita mengetahui bahwa menggambarkan ikon ikon yang mewakili sebuah benda hidup adalah sesuatu hal yang dilarang. Namun yang terjadi kemudian adalah dengan adanya keterbatasan aturan itu, sebuah karya design grafis malah dapat ditampilkan secara kreatif yang mana pada akhirnya meninbulkan sebuah value atau nilai artistik berbeda dari yang kita kenal pada umumnya.
Prinsip prinsip dasar elemen desain jika kita amati pada karya ini memang mewakili sebuah ciri ciri desain yang baik, masih terdapat unsur unsur yang saling mengikat menjadi suatu kesinambungan yang memiliki arti dan pesan. Walau dalam pandangan orang awam masih dapat di mengerti jika orang akan berpandangan bahwa karya ini adalah sebuah karya seni kaligraf arab. Mungkin karena typhografi yang digunakan adalah sebuah tulisan arab, karena demikian adanya Iran adalah negara islam yang notabene dalam menuangkan bahasa verbal ke dalam bahasa visual adalah menggunakan huruf arab bukan huruf alfabet.
Pada akhirnya kita hanya bisa menikmati karya poster ini memandang dari sisi artistiknya saja. Dan itulah indahnya jika kita menikmati sebuah keindahan visual yang akan menembus ruang batas lintas kultural.

Comments