Pikiran

Manusia, ciptaan Tuhan yang sempurna. Mereka di beri akal dan pikiran yang tidak dimiliki oleh makhluk lain yang hidup di bumi. Sekedar mengungkap fakta ataukah ini terjadi lantaran sikap arogan kita. Sikap yang menjadikan manusia menganggap lebih unggul dari mahluk lain bahkan dengan sesama manusia itu sendiri.Manusia yang hidup di bumi ada jutaan orang, milyaran bahkan mungkin juga triliunan. Dengan jumlah itu setiap manusia mempunyai akal dan pikiran masing masing, jalan pemikiran yang tentu setiap orangnya berbeda. Berbeda pemikiran tentu juga akan berbeda dalam bertindak, aksesnya tentu saja semua tidak akan berjalan sejalan atau mungkin paling tidak semua tidak sesuai dengan yang kita inginkan sebagai individu.

Lalu apa yang dapat menyatukan semua itu agar menjadi sejalan, pertanyaan sulit. Atau memang tidak ada jawabannya. Namun apakah semua yang sejalan hasilnya akan menjadi bagus? semua yang menjadi satu dan sama adalah solusi yang tepat?
Kembali pada ulasan awal Tuhan menciptkan manusia memang berbeda. Jadi apa yang salah dengan perbedaan itu? yang salah kita terlalu membedakan perbedaan itu sendiri.
Biarlah manusia mempunyai jalan pemikiran sendiri. Walau terkadang pemikiran itu menjadi tindakan yang membuat sakit pada orang lain.

Comments